Cara cek garansi Xiaomi tercepat dan termudah

Mengetahui cara cek garansi Xiaomi itu penting. Itu karena garansi adalah salah satu masalah terbesar dengan merek ponsel yang sedang berkembang ini.

Sekarang peredaran Xiaomi di Indonesia sebenarnya sangat bagus. Namun, masalahnya banyak ponsel Xiaomi ilegal yang beredar di Indonesia. Jika ponsel masuk ke Indonesia secara ilegal, pemerintah akan mengambil tindakan tegas dengan memblokir IMEI.

Pemblokiran IMEI sendiri dinilai sangat fatal. Karena ponsel yang digunakan tidak bisa menggunakan jaringan seluler Indonesia. Hal ini mempersulit akses ke koneksi Internet orang lain dan fungsi ponsel tidak dapat dijalankan secara maksimal.

Cara paling mudah membedakan HP legal dan ilegal adalah dengan mengecek garansinya. Jadi, inilah beberapa opsi untuk dipilih.
Cara Cek Garansi Xiaomi Via Dusbook

Masa garansi HP Xiaomi sudah pasti tertera di dusbook. Namun, saat melakukan pengecekan, tidak perlu mempertimbangkan masa berlaku jaminan.

Periksa stiker TAM

Setelah masa garansi, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah stiker bertuliskan tAm. tAm adalah singkatan dari PT Telematika Artha Mandiri. Perusahaan ini merupakan distributor asli Xiaomi di Indonesia. Kehadiran stiker ini menjamin keaslian garansi tertulis.

Periksa manualnya

Selanjutnya, lihat panduan perjalanan di Dubook. Manual dalam bahasa Indonesia disediakan untuk produk yang legal di Indonesia.

Situasinya berbeda jika produknya ilegal. Biasanya produk Xiaomi ilegal di Indonesia dibuat di China, jadi panduannya juga menggunakan bahasa negara tersebut.

Meski cara ini cukup sederhana, namun masalah tersebut tetap akan terasa ketika Anda membeli ponsel second tanpa memiliki dusbook. Untuk ponsel seperti itu, coba metode selanjutnya.
Verifikasi juga bisa dilakukan melalui IMEI

IMEI bisa digunakan untuk cek garansi Xiaomi selanjutnya. Perlu diketahui bahwa Anda tidak perlu melihat IMEI dengan membuka dusbook.

Periksa IMEI melalui telepon

Setiap ponsel sudah memiliki fungsi untuk menampilkan IMEI-nya. Hal pertama yang harus dilakukan untuk melihat IMEI adalah membuka ponsel. Saat ponsel tidak terkunci, masukkan *#06#. Nanti IMEI akan muncul dengan sendirinya.

Pilih salah satu dari 2 IMEI

Biasanya, dua IMEI ditampilkan selama verifikasi. Kedua IMEI digunakan untuk setiap kartu SIM. Jadi dua alamat yang ditampilkan menandakan bahwa ponsel tersebut memiliki dua slot kartu.

Periksa dengan Kementerian Perindustrian

Salin salah satu dari dua IMEI yang ditampilkan. Kemudian buka imei.kemenperin.go.id. Saat diakses, masukkan IMEI yang telah disalin sebelumnya di kotak pencarian yang tersedia. Klik Cari dan tunggu sebentar.

Nantinya, halaman tersebut akan menunjukkan apakah IMEI yang dimasukkan memiliki jaminan hukum atau tidak. Jika diizinkan, IMEI ponsel dijelaskan lebih detail. Namun, jika ilegal, Anda akan diberi tahu jika IMEI ponsel tidak terdaftar di Kementerian Perindustrian.
Menggunakan Xiaomi Online juga dimungkinkan

Cara cek garansi Xiaomi yang terakhir adalah dengan menggunakan Xiaomi secara online. Review ini bisa dilakukan di website resmi Xiaomi.

Pergi ke situs

Pertama, buka buy.mi.com/id/registration. Jika alamat tersebut dapat diakses, maka akan muncul kotak pencarian yang dapat digunakan untuk mengakses detail IMEI.

Masukkan IMEI

Masukkan IMEI ponsel dengan terlebih dahulu menyalinnya seperti yang dijelaskan sebelumnya. Saat pencarian dilakukan, situs web akan menampilkan nama pengecer yang memberikan garansi.

Periksa dealer

Jika dilakukan pengecekan dan nama pengecernya keluar erajaya, itu membuktikan bahwa ponsel tersebut legal di Indonesia. Namun, jika verifikasi dilakukan dan dealernya adalah perusahaan China, kemungkinan besar ponsel tersebut ilegal.

Pemeriksaan garansi sangat penting saat membeli ponsel. Jangan sampai ponsel yang Anda beli tidak bergaransi dan merupakan ponsel ilegal. Dalam hal ini, Anda sebagai pengguna pasti akan dirugikan. Jadi pastikan Anda mengerti cara cek garansi Xiaomi.

Sumber :

Rate this post