Bagus Rizki Seorang developer aplikasi dan web sejak tahun 2010 hingga saat ini. Selalu belajar dengan kesungguhan untuk menggapai cita - cita yang baik.

SSD External Portable Terbaik

SSD External Portable Terbaik

SSD External Portable Terbaik – Selain flash drive atau HDD eksternal, SSD eksternal juga banyak digunakan sebagai media penyimpanan karena proses transfer datanya yang cepat dan ukurannya yang kecil, sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Indonesia memiliki beberapa merek SSD pihak ketiga yang dijamin kualitas terbaik seperti WD, Samsung, Sandisk, Transcend, Seagate dan Kingston. Berikut adalah artikel komprehensif tentang cara memilih, merekomendasikan, dan memelihara SSD eksternal.

Bagaimana memilih SSD External Portable Terbaik

SSD atau Solid State Drive pada dasarnya bekerja seperti hard drive untuk menyimpan data, tetapi menggunakan memori solid state untuk merekam data. Seperti hard drive, SSD juga dibuat untuk penggunaan di luar ruangan, yang dapat dengan mudah dipindahkan ke berbagai tempat karena ukurannya yang kecil. Namun, merek SSD pihak ketiga terbaik juga dikemas dengan fitur hebat untuk memaksimalkan kinerjanya. Namun untuk mendapatkan SSD eksternal terbaik di pasaran, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini.

  1. Pilih kapasitas SSD yang Anda butuhkan

SSD eksternal sering digunakan sebagai tempat penyimpanan cadangan, terutama jika file yang disimpan sangat besar atau besar. Jika Anda ingin menyimpan file di dalamnya dalam bentuk foto kamera digital, file gambar atau dokumen teks, SSD eksternal 500GB terbaik akan melakukannya. Bahkan SSD eksternal dengan kapasitas 500 GB sudah cukup untuk fotografer profesional.

Untuk menyimpan atau mencadangkan data game seperti game Xbox atau PS4 dan mendukung video berkualitas tinggi, Anda memerlukan SSD eksternal terbaik dengan kapasitas hingga 1TB. Misalnya, Read Dead Redemption 2 dan Cyberpunk, yang merupakan game AAA, masing-masing membutuhkan penyimpanan hingga 150GB dan 70GB.

  1. Pastikan kecepatan transmisi maksimum dan kecepatan baca / tulis

Merek SSD eksternal terbaik yang tersedia saat ini umumnya datang dengan versi USB 3.1, tetapi beberapa telah membuatnya menjadi USB 3.2 dan Thunderbolt. Walaupun versinya sama, namun tetap ada perbedaan kecepatan transfer dari masing-masing SSD, jadi yang terbaik adalah membandingkan antarmuka, kecepatan transfer maksimum, dan kecepatan baca/tulis data dari SSD tersebut. Untuk performa SSD terbaik, pilih SSD eksternal dengan kecepatan baca/tulis minimal 450MB/s.

  1. Pilih SSD yang kompatibel dengan sistem operasi yang berbeda

Beberapa produk SSD pihak ketiga hanya mendukung penggunaan Windows atau Mac OS, sehingga mungkin sulit untuk mentransfernya ke perangkat dengan sistem operasi yang berbeda. Oleh karena itu, Anda harus memilih SSD eksternal exFAT terbaik yang kompatibel dengan berbagai jenis sistem operasi, baik itu Windows, Mac, atau Linux. Anda dapat melihat jenis sistem operasi yang didukung oleh SSD, yang dapat Anda lihat di tabel spesifikasi produknya.

  1. Pertimbangan fitur keselamatan, durasi dan dimensi

Jika Anda ingin membawa SSD portabel ke mana-mana, pilih SSD eksternal terbaik yang tahan terhadap getaran, guncangan, debu, dan air. Hal ini untuk mencegah data yang dikandungnya tidak rusak meskipun terjatuh atau terendam air.

Pastikan juga SSD eksternal merek terbaik yang Anda beli dilengkapi dengan sistem cadangan untuk berjaga-jaga jika SSD tersebut hilang, terutama saat SSD tersebut digunakan untuk bekerja atau keperluan mendesak lainnya. Beberapa fitur keamanan yang sering disertakan dalam SSD eksternal adalah kata sandi dan sidik jari.

Setelah Anda menemukan merek SSD eksternal terbaik dengan fitur dan keamanan yang baik, perhatikan ukuran dan berat SSD agar dapat diangkut dengan nyaman. Jika Anda menginginkan portabilitas, pilih SSD yang tidak lebih besar dari kartu nama dan tebalnya kurang dari 10mm. Anda juga dapat memanfaatkan produk SSD yang dilengkapi dengan strap dan kabel USB.

  1. Pertimbangkan kombinasi SSD dan HDD

Pada prinsipnya, SSD dan HDD dapat digabungkan dalam satu PC yang sama, selama ada slot pada motherboard. Namun, Anda perlu memeriksa ulang apakah SSD itu SATA, PCIe atau M.2. Untuk SSD eksternal terbaik, pastikan antarmuka sesuai dengan perangkat Anda, baik itu USB C 3.1, 3.2, USB A, atau Thunderbolt. Selama antarmuka SSD cocok dengan mode USB laptop atau PC, SSD dan HDD dapat digunakan bersama dalam satu perangkat.

Merek SSD External Portable Terbaik yang Direkomendasikan

Produk SSD eksternal di pasaran tidak sebanyak HDD atau hard drive eksternal, sehingga masih dijual dengan harga yang cukup mahal. Berikut rekomendasi lengkap dari Ceklist.id tentang berbagai merk SSD eksternal yang mungkin bisa menjadi pilihan Anda.

  1. SSD Portabel Eksternal Samsung 500GB T7

Meski hanya seukuran telapak tangan dengan dimensi 8,5 cm x 5,7 cm x 0,8 cm, namun Samsung Portable SSD T7 memiliki kapasitas hingga 500 GB. SSD eksternal terbaik ini memiliki antarmuka USB 3.2 Gen 2 dengan teknologi PCIe NVMe yang mendukung kecepatan baca dan tulis hingga 1000 Mbps. Untuk memastikan keamanan data, Samsung Portable SSD T7 hadir dengan kata sandi terenkripsi 256 AES. Mata dan casing terbuat dari logam, yang melindungi SSD meskipun jatuh dari ketinggian 2 meter.

  1. Laptop Eksternal SanDisk Extreme 1TB

Seri SanDisk Extreme SSD E61 memiliki ruang penyimpanan 1TB dan mendukung kecepatan transfer hingga 1050Mbit/dtk. Ukurannya hanya 10,54cm x 5,3cm x 0,9cm, membuat SSD eksternal terbaru ini mudah dimasukkan ke dalam saku atau tas Anda. Untuk keamanan, ia menggunakan cangkang silikon tahan guncangan, tahan debu, dan tahan air pada penutup SSD, enkripsi perangkat keras, dan enkripsi AES 256-bit.

  1. SSD Portabel HP P500 250GB

HP atau merk Hewlett Packard juga memproduksi SSD eksternal terbaik, diantaranya adalah HP Portable SSD P500 berkapasitas 250 GB. Produk ini menggunakan antarmuka USB 3.1 Gen2 atau USB Type-C dengan kecepatan baca tulis maksimum 370 Mbps dan 200 Mbps. Karena kecepatan dan kapasitas pemrosesan data yang terbatas, SSD Portabel HP P500 tidak cocok untuk mengarsipkan file game atau mengedit video.

  1. Adata SC685 500GB SSD Eksternal

SSD Eksternal Adata SC685 sangat ringan hanya dengan 35 gram, sehingga mudah dibawa-bawa. SSD eksternal terbaik ini hadir dalam berbagai kapasitas mulai dari 250GB hingga 2TB, yang semuanya menggunakan antarmuka USB 3.2 Gen 2 Type-C. Dirancang khusus untuk kapasitas 500 GB, dengan kecepatan pemrosesan data hingga 530 Mbit/s.

  1. SSD Ekspansi Portabel 500GB Seagate

Seagate merupakan salah satu brand SSD pihak ketiga yang berhasil meraih predikat Best Brand pada tahun 2021, sehingga kualitas produk SSD mereka tidak perlu diragukan lagi. Seagate Expansion SSD Portable memiliki kapasitas 500 GB dan menggunakan antarmuka USB-C yang juga kompatibel dengan Android. Anda dapat menggunakan SSD eksternal merek teratas ini di sistem operasi Mac atau Windows Anda tanpa memformat ulang. Seaget Expansion SSD Portable praktis dijual di e-commerce dan toko komputer seharga Rp 1,4 juta.

Source : ktjrestangsel.id

Rate this post
Bagus Rizki Seorang developer aplikasi dan web sejak tahun 2010 hingga saat ini. Selalu belajar dengan kesungguhan untuk menggapai cita - cita yang baik.